Contoh naskah drama dan cara menulisnya

Suatu kali ada seorang teman merasa kebingungan setelah melakukan pencarian digoogle sebab ia tidak mendapatkan yang ia cari lalu ia berkata

Temanku: 

" Sob kenapa ya semua artikel tantang naskah drama pada basi semua..!?"

Dengan enteng saya jawab..

" bukan artikelnya yang basi tapi keyword yang kamu masukkan kurang tepat..!"

Dan setelah mendapat referensi dari saya ia kembali melakukan pencarian,kini raut wajahnya berbeda dan nampak senang dan ia tersenyum kearahku

Teman: 

Tersenyum

" Hebat nih blogger mau memberi informasi yang akurat,bisa diakses gratis lagi,apa tidak rugi waktu yah .?"

Saya hanya terdiam karena secara tidak langsung ia juga memuji saya..( besar kepala dikit ) cuma ia belum tahu saja bahwa yang barusan ia baca merupakan artikel buatan saya

Back to scool

Kalau anda seseorang yang cerdas pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa obrolan diatas sudah masuk dalam kategori naskah drama cuma anda harus memolesnya sedikit agar lebih punya test.

Banyak sekali pengunjung yang datang melalui kata kunci contoh naskah drama tapi mereka hanya sekedar melihat contoh lalu ia copy dan pastekan dalam ms word tanpa mengedit ulang dan tanpa revisi ulang padahal belum tentu naskah drama yang barusan ia comot betul betul bagus. Maka tak heran bila sering terjadi kesamaan naskah ketika diberikan pada guru,

Kesimpulan...

Tidak mau ambil pusing....

Padahal kalau mau bekerja sedikit saja pasti akan mendapatkan konten yang sangat menarik dan berkualitas dan terlihat beda..
Apalagi kalau mau membuat naskah drama sendiri tentu akan memiliki poin plus plus,

Jangan malas membuat naskah sendiri..
Bukankah contoh naskahnya sudah ada..?!

Mungkin kata kata yang saya kasih warna hitam merupakan tamparan buat anda tapi saya yakin anda mempunyai pandangan yang berbeda tentang kata tersebut karena ini merupakan tamparan untuk selangkah lebih mAju.jangan hanya maunya makan saja tapi anda juga harus bekerja,

Back to naskah drama

Sebenarnya membuat naskah drama tidaklah sesusah yang dibayangkan hanya membutuhkan 3 langkah saja,Tema,tokoh dan tempat. Menurut versi sendiri

Kenapa Dalam membuat naskah drama kata Tema saya tempatkan pada bagian awal. !

Begini...!
Biasanya saya kalau mau membuat naskah apa saja selalu Temanya terlebih dahulu yang saya pikirkan,

Singkatnya..
Drama tersebut apakah bertemakan cinta atau bertema komedi atau malah bertema tentang perjuangan,kalau sudah tau tema dramanya maka tinggal membuat alur ceritanya,kemudian nama tokoh atau nama pemeran serta tempat...kalau masalah tempat bisa mudah..

CONTOH NASKAH DRAMA 3 ORANG
-Bertema lingkungan hidup

Dihalaman belakang sekolah ada Henri,Rika dan Desta mereka sedang berdebat hebat

Henri; 

Oh tidak bisa...!kalau semua saya potong maka akan terlihat gundul dan butuh waktu lama untuk memperbaruinya..!

Desta; 

Tapi saya masih membutuhkan bambu itu untuk membuat tongkat,..!

Rika; 

butuh ya butuh tapi jangan ditebang semua dong itu namanya merusak,coba kamu bayangkan kalau pohon bambu ini kamu tebang semua maka kemungkinan untuk hidup kembali 1,0%  dan sisanya mati...!

Desta;

 alaah gak apa apalah kan cuma bambu,kalau mati tinggal ganti dengan tumbuhan lain...Beres kan..!?

Henri; 

desta desta saatnya kamu tahu,bambu merpakan tanaman yang sangat kuat yang mampu menahan tanah dari erosi serta mempunyai daya simpan air yang sangat tinggi,maka dari itu kita wajib melestarikannya.
-------------------------------

Contoh naskah drama 6 orang tema
Cinta

Inilah yang paling susah buat saya pribadi kalau disuruh membuat drama bertema tentang cinta soalnya saya orangnya tidaklah romantis dan tidak begitu memahami tentang cinta,tapi akan tetap diusahakan,

Disebuah lapangan sekolah jam olah raga kelas 3C  Sma Pembangunan disitu ngumpul anak anak

Dina; 

coy lihat disana...!

Hani ;

 apaan sih antusias banget..!
Ekspresi penasaran hani mendengar teriakan Dina

Santi ; 

Ah biarin ajalah orang lagi senang juga...!

Dina ; 

cie cie ada yang cemburu nih yee..!

Santi diam tanpa kata tapi kedua matanya memandang jauh ke depan,
Dari tengah lapangan kunto berlari mendekati Santi

Kunto; 

san.., nanti pulang sekolah gue antar ya..!?

Santi berpikir sejenak..
Santi; ok

Herman dan wini mendekati keempat temannya

Santi;

 ngapain kalian kesini..!?

Herman; 

nggak ada cuma lewat aja kok..

Wini; 

kenapa seh jutek banget.,(
Wini berkata dengan herman)

Herman ; 

ah biarin ajalah lagi dapet kali..

Pulang sekolah santi bersama kunto

Kunto; 

san.. apakah kamu tau kalau dalam hatiku ada cinta..?

Santi; 

mana aku tau., kan aku nggak melihat isinya

Kunto; 

bukan itu maksud aku..


Santi ; trus apaan..

Kunto; 

coba kau lihat mataku pasti kamu akan melihat dalam dua bola mataku ada kamu..

Santi; lebay banget seh..

Kunto; 

ini fakta san.,aku hanya ingin selalu dekat denganmu dan tak ingin menghapus segala tentang ingatku kepadamu,bahkan ketika aku habis melakukan sholat lima waktu kupanjatkan do'a untuk kesejahteraanmu selalu aku bercerita pada tuhanku semua tentangmu.
-------------------------------
Silahkan diedit agar drama untuk 6 orang tersebut lebih punya tes..
Sekali lagi menulis naskah drama itu yang penting adalah ceritanya lebih menggigit atau lebih test.
Dan kedua contoh naskah drama diatas memang saya buat biasa biasa saja.

Loh kenapa dibuat biasa...!?

Ya Agar kamu bisa menilai..

Kalau kamu bisa membuat drama yang lebih bagus dari contoh naskah drama diatas berarti kamu sangat berbakat dan sudah sepantasnya kamu salurkan bakatmu..

Tapi jangan disalurkan ditiang listrik ...

Back to drama

Sekarang baca juga

CONTOH NASKAH DRAMA 4 ORANG
Tema pentas seni komedi

Untuk naskah drama  4 orang saya sudah pernah menulisnya dan tidak akan ditulis ulang cukup klik link tersebut atau bisa klik DISINI 

Sepertinya artikel contoh naskah drama tersebut tidak beraturan ya...

Ah biarin saja agar memiliki seni tersendiri...sebab menulis naskah juga bagian dari seni kalau nggak percaya belahlah dada ayam..lalu digoreng...
-------------------------------

Contoh naskah drama 2 orang
Tema lingkungan keluarga

Semakin sedikit pemeran makin mudah dalam membuat naskah dramanya dan semakin mudah pula dalam mengatur skejul serta ceritanya tapi harus di ingat bahwa membuat naskah drama untuk 2 orang lebih banyak kerja serta harus kreatif sebab akan sangat mudah terlihat letak kesalahan dan saya akan buat secara singkat saja selanjutnya tugas anda untuk melanjutkannya

Dini dan dino bukan kembar tapi kakak adik,

Lokasi dirumah Ruang tamu

Dino: 

" Dik dini cepatlah sedikit takut telat nih.! (Dino sambil garuk kepala)

Dini:

" sabarlah kak orang sabar disayang pacar..!

Dino: 

" disayang pacar..!? Eh pacar aja nggak punya

----------------------------------------

Sangat singkat sekali dan pendek banget tentang contoh naskah drama untuk 2 orang pemain tersebut..

Sekian dan selamat berkreasi semoga kreatif heheeh

Related Posts:

3 Responses to "Contoh naskah drama dan cara menulisnya"

  1. Kok tidak diberi keterangan ekspresi tokoh, misal (dengan cemberut, sambil nangis) heheehe

    BalasHapus
  2. Saya gak ambil jurusan sastra jadi gak pernah cari contoh naskah drama...emang klo cari di google kadang copasan dan udah basi...makanya mending bikin sendiri sekreatif mungkin...cuma contohnya boleh bersumber dari blog manapun, kemudian reka ulang menurut imajinasi kita sendiri dengan cerita versi ita sendiri

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan sendal kamu,agar aku ada alasan untuk datang kerumahmu